Publisher's Foreword

KCB 77"Uh, baju kamu hari ini enggak cocok, deh, warnanya. Bikin sakit mata!" kata sahabat baik kita suatu hari. Wuidiih... Sakit hati enggak, sih, mendengarnya? Jelas. Dan, yang lebih parah, kita juga jadi enggak pede sama penampilan kita. Kita jadi muram dan susah tersenyum manis seperti biasanya. Duh, sedih sekali, ya.

Padahal bisa jadi maksud teman kita itu baik. Mungkin memang baju kita saat itu warnanya kurang cocok. Teman kita itu hanya bermaksud mengingatkan supaya lain kali kita bisa memilih baju yang warnanya cocok dan jadi kelihatan lebih manis. Hamya cara bicaranya saja yang kurang baik. Terlalu blak-blakan. Uh, kita jadi tersinggung mendengarnya.

Itu juga dialami Reni dalam cerita "Katakan Dengan Indah." Rambutnya yang baru di-rebonding dibilang jelek oleh sahabatnya, Tika.

Lalu, apa yang terjadi? Apakah Tika akhirnya bisa mengucapkan ketidaksukaannya dengan rambut rebonding Reni dengan indah?

Yuk, baca kisah mereka dan 14 kisah asyik lainnya dalam Kumpulan Cerita Pendek Pustaka Ola, no. 77, "Jatuh Bangun".

My Review

Ada 15 cerita pendek yang indah dalam kumpulan cerpen ini:

  1. Biang Rusuh

  2. Dua Pengamen

  3. Janji Amel

  4. Jasa Pak Bon Bon

  5. Kapok Bolos

  6. Katakan dengan Indah

  7. Mama, Maafkan Dinda

  8. Nat's Secret

  9. Berburu Ikan Purba

  10. Buku Catatan A Lin

  11. Dunia Plastik

  12. Ikan Mas Koki untuk Andi

  13. Kasus Reuni Papa

  14. Lilin Natal untuk Mama

  15. Jatuh Bangun


Cerita favorit saya adalah "Jatuh Bangun" dan "Katakan dengan Indah".

Saya awalnya tertipu dengan judul "Jatuh Bangun". Cerita ini tentang 3 anak sekolah yang menghadapi ulangan harian di kelas mereka. Saya kira mereka bertiga jatuh bangun saking kerasnya usaha mereka untuk belajar. Tapi, ternyata eh ternyata...???

Seperti yang dibilang  kata pengantar, "Katakan dengan Indah" menceritakan tentang bagaimana seharusnya kita menyampaikan pendapat. Wah, wah...saya jadi malu nih. Kena deh. Secara gitu saya sering menyampaikan pendapat seenaknya. Hedeh, segede gini malah dinasihati sama cerpen anak-anak. Ok..ok..mulai sekarang saya akan belajar untuk "Katakan dengan Indah"  ♪(´ε` )

Hmmm...ratingnya 4 dari 5 bintang dong. I really liked it.

Title: Kumpulan Cerpen Pustaka Ola, No. 77, Jatuh Bangun Genre: Children - Short Stories Edition language: Indonesian Page: 144 pages  Status: Owned book Price: Rp22.500,- Purchase location: Online My rating: 4 of 5 stars