Mereka_Bilang_Aku_Gila


Title: Mereka Bilang Aku Gila -- Perjuangan Hidup Pengidap Bipolar Disorder | Author: Ry Kusumaningtyas | Publisher: Galang Pustaka | Edition: 1st Edition, 2013 | Edition language: Indonesian | Page: 336 pages | Status: Owned book | My rating: 4 of 5 stars


***




Sahabat ....


Bisakah kau katakan secantik apa rembulan bila kau belum pernah ada di sana? Bisakah kau rasakan selembut apa awan bila kau belum pernah menyentuhnya? Dari mana kau tahu sepahit apa sebuah rasa bila kau belum pernah mengecapnya?



Kata-kata ini ada di halaman 11 dengan judul 'Teruntuk Sahabat'. Awal yang bagus sekali untuk sebuah memoar yang salah satu pesannya adalah agar jangan menghakimi orang lain berdasarkan prasangka semata.

Buku ini menceritakan kisah hidup pengarang yang mengidap bipolar disorder. Menurut buku ini, bipolar disorder bisa digolongkan sebagai penyakit otak yang merupakan gangguan kejiwaan. Penyakit ini menyebabkan perubahan-perubahan yang tidak biasa pada suasana hati, energi, tingkat-tingkat aktivitas, dan kemampuan untuk melakukan tugas-tugas harian. Seseorang yang mengidap bipolar disorder biasanya sering merasa euphoria berlebihan dan merasakan depresi yang sangat berat.

Kisah hidup yang diceritakan di sini sangat menyedihkan. Penderitaan datang silih berganti tanpa seorang pun mengerti. Kalaupun ada yang mengerti, mereka semua satu persatu pergi.

Tidak ada yang menyadari bahwa semua itu diakibatkan oleh gangguan kejiwaan bernama bipolar disorder. Cukup wajar mungkin karena gejala penyakit mental ini memang susah dikenali dan sering disalahkenali dengan gangguan kejiwaan lain.

Buku ini mengajarkan banyak hal. Terutama tentang perjuangan dan kesabaran. Namun yang paling saya suka adalah tentang kebijaksanaan yang jarang dimiliki oleh setiap manusia. Untuk tidak menghakimi seorang dari prasangka semata. Untuk bisa memahami seseorang dengan tidak melihat dari satu sisi saja.

Saya betul-betul berharap kalau buku ini dapat memberikan kesadaran bagi kita tentang gangguan kejiwaan yang mungkin menimpa orang-orang di sekitar kita.

Buku ini juga ditulis dengan sangat bagus. Ceritanya mengalir begitu saja. Saya nyaris tidak dapat menutupnya. Bahkan ada beberapa bagian yang berhasil membuat saya menangis sehingga harus berhenti membaca sejenak (╥_╥).

So, 4 dari 5 bintang untuk buku ini. I really liked it ( ˘▽˘ʃƪ).