Artemis Fowl and The Opal Deception #BookReview

Image
***
Judul: Artemis Fowl and The Opal Deception | Pengarang: Eoin Colfer | Penerbit: Gramedia Pustaka Utama | Edisi: Bahasa Indonesia, Cetakan II, April 2018, 368 hlm, 20 cm | Status Owned Book, Beli Online @HobbyBukuShop, Diterima tanggal 16 Juli 2018 | Rating saya: 4 dari 5 bintang
***
Blurb:
Kaum Peri menghapus semua pengetahuan tentang dunia mereka dari ingatan satu satunya manusia yang mereka takuti : kriminal genius Artemis Fowl. Tapi sekarang mereka membutuhkan anak itu.

Pixie jahat Opal koboi ingin menghancurkan dunia. Menghentikannya berarti membersihkan nama kapten Holly Short yang dituduh membunuh, membebaskan si kurcaci kleptomaniak dari penjara, dan meyakinkan centaur supercerdas bahwa ia tidaklah tahu segalanya.

Kalau saja Artemis bisa mengingat mengapa makhluk makhluk aneh ini sangat bergantung padanya...
My Review:
Ini buku seru sekali deh, seriusss.

Ngomong-ngomong, waktu saya belum kenalan dengan Opal Koboi, saya penasaran sekali dengan buku keempat dari Artemis Fowl ini…

Where The Mountain Meets The Moon Review



Baca Bareng November Tema Newbery Book List



Where the Mountain Meets the Moon


Cerita yang sangat indah ^_^


IMO, yang menarik dari sebuah dongeng adalah seberapa mustahil pun ceritanya, dongeng tetap memiliki keajaiban untuk dapat menghangatkan hati orang dewasa yang mungkin telah membeku sehingga melupakan hal-hal sederhana yang sebenarnya merupakan sumber kebahagiaan. Melalui kisah-kisah ajaib dalam petualangan Minli, Where the Mountain Meets the Moon menyampaikan banyak sekali pesan bijak tentang kehidupan.


Sebelumnya, mari kita tengok dulu sinopsisnya yang saya comot dari Goodreads.



Sinopsis Goodreads:


In the valley of Fruitless mountain, a young girl named Minli lives in a ramshackle hut with her parents. In the evenings, her father regales her with old folktales of the Jade Dragon and the Old Man on the Moon, who knows the answers to all of life's questions. Inspired by these stories, Minli sets off on an extraordinary journey to find the Old Man on the Moon to ask him how she can change her family's fortune. She encounters an assorted cast of characters and magical creatures along the way, including a dragon who accompanies her on her quest for the ultimate answer.

Grace Lin, author of the beloved Year of the Dog and Year of the Rat, returns with a wondrous story of adventure, faith, and friendship. A fantasy crossed with Chinese folklore, Where the Mountain Meets the Moon is a timeless story reminiscent of The Wizard of Oz. Her beautiful illustrations, printed in full-color, accompany the text throughout. Once again, she has created a charming, engaging book for young readers.


Minli, adalah seorang gadis kecil miskin yang tinggal di kaki gunung yang dikenal dengan nama Fruitless Mountain. Bersama ayah (Ba) dan ibunya (Ma), Minli harus bekerja keras di desanya yang miskin. Meskipun sudah bekerja keras, untuk makan pun mereka masih pas-pasan.


Ma selalu mengeluh akan peruntungan mereka. Namun Ba selalu punya dongeng untuk diceritakan kepada Minli. Dongeng yang menumbuhkan harapan di hati Minli bahwa suatu hari, dia akan menemukan cara untuk merubah peruntungan mereka. Salah satunya adalah dongeng tentang The Old Man of The Moon yang bisa menjawab pertanyaan apa saja.


Dari seekor ikan mas, Minli menemukan bahwa The Old Man of The Moon memang benar-benar ada. The Old Man of The Moon ternyata tinggal di Never-Ending Mountain.


Minli pun nekat pergi untuk menemui The Old Man of The Moon. Di perjalanannya Minli bertemu dengan banyak hal ajaib. Mulai dari seekor naga yang akhirnya menemaninya selama perjalanan, monyet serakah, anak penggembala kerbau beserta temannya yang ajaib, Raja dari City of Bright Moonlight dan si kembar periang beserta keluarganya dari Moon Rain Village. Namun, berhasilkah Minli bertemu dengan The Old Man of The Moon?


Haaahhh, sekali lagi, cerita yang sangat bagus menurut saya. Pesan bijak apa yang ingin kau hidupkan? Tentang merubah peruntungan agar menjadi lebih baik, tentang persahabatan, kepercayaan, kedermawanan, kebaikan hati, saling menolong, proses lebih penting dari hasil, well, apa saja, hampir semua ada di cerita petualangan Minli.


Syukurlah petualangan Minli akhirnya dijadikan salah satu dongeng-dongeng yang diceritakan oleh Ba untuk anak-anak desa sehingga kita tidak perlu mencari The Old Man of The Moon untuk menanyakan bagaimana caranya merubah peruntungan :D


Ngomong-ngomong, saya baru tahu kalau saya sejauh ini sudah membaca tiga buku Newbery. Buku-buku tersebut adalah The Evolution of Calpurnia Tate, The Tale of Despereaux dan Where The Mountain Meets The Moon. Tiga-tiganya saya sangat suka. Sepertinya saya nyambung dengan buku-buku Newberry, so, masukin ke wishlist semuanya :D


At last, Kisah Min Li, untuk yang kesekian kalinya, sangat indah. Berisi keajaiban yang bisa menghangatkan hati. 5 dari 5 bintang tentu saja. It was amazing.


***
 Judul: Where Mountain Meets The Moon | Pengarang:  Grace Lin | Penghargaan Newbery: Newbery Honor 2010 |  Edisi bahasa: Inggris | Penerbit: Little, Brown Books for Young Readers  (June, 2009) | 1st Published: 2009 | Format: Ebook | Jumlah halaman: 260 halaman |   My rating: 5 of 5 stars

Comments

  1. Baru tau kalo buku ini menang newbery honor mbak.

    Akhirnya selesai juga baca bukunya ( hadiah GA mbak Ira heheh ). Buku ini berisi fantasi, legenda dan kisah tentang keberanian serta kebijaksanaan. Endingnya bikin terhenyak dan bikin saya jadi mikir...agak serasa ditampar sih. :)

    Bahwa manusia memiliki begitu banyak hal yang patut disyukuri terlepas dari segala kekurangan dan masalahnya.

    Yup, setuju...It was an amazing journey....amazing story....Terima kasih sekali lagi sudah bisa berjodoh dengan buku ini yaa....:)

    ReplyDelete
  2. Setujuu, membaca endingnya seperti merasa ditampar :D

    Syukurlah Jenny suka dengan bukunya. Terima kasih kembali ^_^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Proyek Baca Buku Perpustakaan 2016: Master Post

[#HUT5BBI] Giveaway Hop #BBIGiveaway

Enter The Magical Realm: Post Apocalyptic & Giveaway