Book Kaleidoscope hari kedua.

Tema hari kedua ini adalah Top Three My Book Blogging Activities. Saya rasa ini adalah tema yang paling cocok untuk FBB Kolaborasi

FBB Kolaborasi sendiri adalah event posting bareng bulanan yang diadakan oleh komunitas Female Blogger of Banjarmasin. FBB Kolaborasi mengambil tema yang berbeda setiap bulannya, dan bulan ini temanya adalah Blog Achievement 2018.

So, langsung saja, top tiga kegiatan book blogging saya tahun ini adalah:


3.
Menjadi anggota komunitas Female Blogger of Banjarmasin (FBB)

Saya mengenal FBB dari instagram. Post-postnya sering berseliweran di feed saya. Kebanyakan dari akunnya Mbak Gita @ Rak Novel Gita

So, pada tanggal 2 April 2018, saya resmi bergabung dengan FBB. Wah tidak terasa sudah  8 bulan, ya? Perasaan baru bergabung kemarin, hihihi.

Di FBB, selain FBB Kolaborasi, ada juga event yang namanya Share Link. Para peserta FBB dipersilakan membagikan post terbarunya lewat WhatsApp grup dengan syarat dan ketentuan berlaku. Share link diadakan dua kali dalam seminggu, yaitu pada hari selasa dan sabtu. Ada juga Instagram Walking yang diadakan setiap hari minggu atau hari-hari libur lainnya.

Jujur, waktu pertama kali ikut event Share Link, saya kaget karena membaca post-post dengan tema beragam. Untuk event dengan tema blogwalking, saya sudah terbiasa berada di lingkaran para blogger buku, jadi otomatis post kami semua pasti tentang buku. 

Well, ternyata di FBB tema blognya benar-benar beragam. Saya baru benar-benar ngeh dengan keberadaan niche-niche blog lain.

Nah, lewat FBB-lah saya menemukan banyak ilmu baru dari dunia blog. Termasuk bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, cara meningkatkan trafik, cara melindungi blog, dsb.


2. 
Pindah Platform Blog

Dulu blog saya beralamat di https://irabooklover.wordpress.com/. Saya sayang sekali dengan blog ini. Saya juga sudah merasa nyaman sekali dengan platform Wordpress. 

Tapi, untuk mempraktekkan ilmu-ilmu baru yang saya dapat dari komunitas FBB, sepertinya saya harus keluar dari zona nyaman dan pindah ke platform Blogspot. 

Untunglah sebelumnya saya sudah punya blog dengan platform Blogspot. Blog ini umurnya jauh lebih tua daripada blog Wordpress saya karena dulu dipakai sebagai tugas kuliah disekitar tahun 2009. 

Jadi blog lama itulah sekarang yang saya sulap menjadi blog buku, sekalian membersihkan debu-debunya karena sudah ditinggal terlalu lama, *tutupmukapakaibantal*.


1.
 Menjadi TLD

Merubah alamat blog menjadi Top Level Domain, adalah keputusan yang besar untuk saya. Tapi apa daya, saya sudah pernah diperingatkan oleh salah satu anggota FBB (saya lupa siapa kemarin ya, huehehe, *kenakeplak*) untuk berhati-hati terhadap racun TLD komunitas FBB dan akhirnya sayapun kena, haha.

Sebenarnya saya kepingin men-TLD-kan blog kuliah saya dulu dengan niche blog yang campur-campur, tidak khusus tentang buku. Tapi, saya baru saja menjadi seorang istri dan ibu. Plus saya juga seorang wanita kantoran. So, butuh usaha yang lumayan untuk bisa mencuri-curi waktu supaya tetap bisa aktif nge-blog.

Akhirnya, saya memutuskan untuk tetap menjadi blogger buku, dan men-TLD-kan alamat blog buku saya. So, inilah dia, https://www.irabooklover.com/. Yeah, it's TLD  @^▽^@

***

Oke, ini Book Kaleidoscope hari kedua saya untuk tahun 2018. Baca juga Book Kaleidoscope hari pertama saya di sini. Dan jangan lupa besok adalah Book Kaleidoscope hari ketiga yang temanya Top Three Most Favourite Books.

Yuk, kunjungi juga blog-blog anggota FBB yang ikut berpartisipasi di FBB Kolaborasi Bulan Desember. Berikut linknya:

1. Ashya

2. Leha

3. Mia

4. Rindang

5. Fika

  
See you tomorrow \^_^/