Berawal dari kegiatan blog collab Desember yang diadakan oleh Female Blogger Banjarmasin yang temanya adalah kaleidoscope, akhirnya saya memutuskan untuk menulis kembali tentang Book Kaleidoscope yang sempat vakum selama beberapa tahun. Silakan klik di sini untuk melihat post-post tentang book kaleidoscope yang pernah saya publish.

Awalnya book kaleidoscope ini dipelopori oleh Mbak Fanda dari blog Fanda Classiclit. Tapi setahu saya, Mbak Fanda terakhir memposting tentang book kaleidoscope di tahun 2014. Tahun-tahun berikutnya tidak ada. 

So, untuk tahun ini saya minta ijin kepada Mbak Fanda untuk membuat post tentang book kaleidoscope lagi XD. 

Book Kaleidoscope versi Mbak Fanda dulu terdiri dari Top Five lima tema berbeda yang di post selama lima hari berturut-turut. Nah, karena saya sedang sok sibuk, saya persingkat menjadi Top Three tiga tema saja selama tiga hari berturut-turut.

Idealnya, blog kaleidoscope ditulis di akhir bulan Desember. Tapi karena batas waktu penulisan blog collab adalah tanggal 10 Desember. Jadi post tentang book kaleidoscope ini saya tulis sekarang saja, hihihi.

Untuk hari pertama, saya memilih tema Top Three Most Memorable Quotes. Dan pilihan saya jatuh kepada:

3. The Arctic Incident by Eoin Colfer hlm 310


Well, anak muda, apa kau sudah menemukan orang lain di dunia yang layak kau hormati?

Diambil dari buku The Arctic Incident. Kutipan ini adalah potongan percakapan antara tokoh utama kita, Artemis Fowl, dengan salah gurunya di sekolah. 

Bagi kalian yang sudah pernah membaca seri Artemis Fowl, kalian pasti tahu kalau Artemis adalah bocah berumur 13 tahun yang amat sangat kaya dan amat sangat cerdas. Kedua kelebihan ini membuatnya menjadi sedikit sombong sehingga kurang menghormati orang-orang di sekitarnya.

Saya suka kutipan ini karena mengingatkan saya untuk selalu menghormati orang lain, siapapun dia. Tidak menghormati orang lain adalah perbuatan yang tidak baik dan membuat kita menjadi sombong. 

So, anak muda, sudahkah kau menemukan orang lain di dunia ini yang layak untuk kau hormati? ;)

2. Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan by Tasaro G.K. hlm 222

Bagiku lebih meyakinkan kesungguhan seseorang dalam perbuatan dibanding kata-kata yang sejuta.

Diambil dari buku Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan. Saya lupa kutipan ini saya ambil dari potongan percakapan tokoh yang mana, huehehe. 

Saya suka kutipan ini. Untuk beberapa kasus tertentu, satu perbuatan yang nyata kadang lebih memiliki efek daripada hanya sekedar kata-kata. 

Tapi bukan berarti saya mengecilkan arti kata-kata di sini, karena bagaimanapun, untuk saling menasihati dan mengingatkan, kita tidak selalu bisa  memberikan contoh, sehingga sekedar kata-kata pun bisa dianggap cukup. Tapi tentunya lebih baik kalau kata-kata tersebut dicontohkan dalam tindakan nyata. *ehm*, *tetiba jadi bijak*.

1. Surat Kecil untuk Ayah hlm 158


Harta paling besar di dunia ini adalah hati, Nak. Perkayalah hatimu agar senantiasa bahagia dan tak mudah terluka.

Diambil dari buku Surat Kecil untuk Ayah. Ini adalah salah satu nasihat dari ayah untuk anaknya. 

Saya suka nasihat ini. Bagi saya, hati adalah bagian yang sering terluka dan sakit. Kata ayah di buku ini, kita harus bisa memperkaya hati supaya bisa bahagia. Bagaimana caranya? Well, ada banyak buku yang memberitahukan tips dan trik bagaimana caranya menjaga hati. 

Dan tetaplah ingat pesan ayah agar kita selalu semangat untuk belajar bagaimana caranya memperkaya hati. 


***

Oke, inilah Top Three Most Memorable Quotes pilihan saya tahun ini. Apakah kalian punya kutipan yang memorable dari buku yang kalian baca? Yuk dishare. 

Nantikan post Book Kaleidoscope hari kedua besok ya. See you tomorrow \^_^/