Menurut saya, memilih buku favorit, selalu menjadi yang paling sulit dari rangkaian post Book Kaleidoscope. Penginnya sih milih semua. Tapi karena hanya harus memilih tiga, maka saya memutuskan tiga buku favorit yang sudah saya baca tahun ini adalah:


3. 
Sebenarnya buku ini agak sedikit membosankan di awal-awal. Tapi pas semakin ke ending, kok jadi semakin seru. 

Sampai akhirnya saya jadi galau berat karena belum punya buku keduanya. Setelah dicek, ternyata buku ini berseri. Dan total jumlah buku di seri ini ada 4, tebel-tebel pula, hiks. 

Tapi saya suka ceritanya. Cerita tentang kisah hidup Rasulullah memang selalu mampu membuat saya meneteskan air mata.

Belum lagi tambahan kisah fiksinya juga seru. Tentang seorang pemuda cendekiawan bernama Kashva. Saya suka sama Kashva. Saking sukanya, saya sampai kepingin memakai namanya untuk nama anak saya. Etapi pas lahiran, ternyata anak saya perempuan, ga jadi deh, wkwkwk.


2.
The Infinity Cage by Alex Scarrow



The Infininty Cage adalah buku terakhir dari seri Time Riders. Waktu membeli buku ini, saya lupa kalau ini adalah buku terakhir, jadi saya kaget sekali ketika mengetahuinya dari halaman persembahan.

Haduh, saya jadi deg-degan tentang bagaimana akhir petualangan para penjaga waktu ini. 

Dan akhirnya, saya rasa seri ini ditutup dengan pas. Saya tidak terlalu galau berpisah dengan Liam dan kawan-kawan. Meskipun ceritanya sepertinya masih gantung. Tapi kata Alex Scarrow, hal itu disengaja karena beliau ingin menyerahkan nasib para Time Riders ini di tangan pembaca tercinta. Cerdas sekali ya, *run run small*. 

1.
The Empty Grave by Jonathan Stroud



The Empty Grave juga buku terakhir dari sebuah seri. Seri Lockwood & Co. Sebuah seri fantasi yang menggabungkan cerita horor, detektif, dan petualangan sekaligus.

Karakter-karakter yang ada di seri ini semuanya lovable. Bahkan si tengkorak cerewet pun mampu membuat saya susah move on dari buku ini. 

Duel maut antara Lucy dan Marissa membuat saya menahan napas. Pengungkapan misterinya juga membuat jantung saya dag dig dug duerrr ga karuan.

Kesimpulannya, saya puas dengan seri ini. Saya suka semua bukunya. Dan yeap, buku ini saya nobatkan sebagai buku terfavorit saya di tahun 2018. I really loved it. Full stars untuk Lockwood & Co series. It was amazing for me. 

***
Baca juga:
***
NB: Tulisan ini diikutkan dalam event Share Link FBB - Selasa, 11 Desember 2018. Yuk kunjungi juga blog para member FBB yang ikut share link hari ini. Happy blogwalking \^_^/


1. Ashya


2. Ira

3. Ruli

4. Diah 

5. Rima

6. Eca

7. Wati


9. Winda

10. Nailiya

11. Nisa