Judul Buku: How to Win Friends and Influence People - Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain | Pengarang: Dale Carnegie | Penerbit: Binarupa Aksara | Alih bahasa: Nina Fauzia N.S | Edisi: Bahasa Indonesia, Cetakan I, Jakarta, 1996 | Dimensi Buku: xi + 382 hlm | Status: Owned book | Beli di: HobbyBuku Shop | Bisa dibeli di: belbuk.com | Rating saya: 5 dari 5 bintang

***
Blurb:

SEPULUH HAL YANG BUKU INI LAKUKAN UNTUK ANDA 

Mengeluarkan Anda dari kebiasan mental yang buruk, memberi Anda gagasan baru, visi baru, ambisi baru
.
Membuat Anda mudah dan cepat berkawan
Meningkatkan popularitas Anda
.
Memikat orang mengikuti cara berpikir Anda
.
Meningkatkan pengaruh, prestise, kemampuan Anda untuk menyelesaikan segala sesuatu
.
Memungkinkan Anda memperoleh klien dan pelanggan baru
.
Meningkatkan kemampuan Anda dalam memperoleh penghasilan yang lebih besar
.
Menjadikan Anda wiraniaga, manajer atau eksekutif yang lebih baik
.
Menjadikan anda pembicara yang lebih baik dan lebih menyenangkan
.
membangkitkan antusiasme di antara rekan usaha

Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain telah mengerjakan semua hal di atas untuk lebih dari lima belas juga pembaca dalam tiga puluh tujuh bahasa.

My Review

Sudah lama sekali saya ingin membaca buku ini. Sejak Mas Dion dari blog Baca Biar Beken memasukkan buku ini ke dalam event #5BukuDalamHidupku bertahun-tahun yang lalu.

Buku ini menurut saya, adalah tipe buku yang bisa menggerakkan. Dorongan untuk mempraktikkan apa yang diajarkan oleh buku ini begitu kuat. Sampai-sampai saya beberapa kali berhenti membaca karena langsung ingin mencoba tips dan trik tentang bagaimana berhubungan dengan orang lain. Sayang, situasi dan kondisinya tidak mendukung. 

Etapi pas ada kejadian yang cocok, saya malah tidak mampu untuk mempraktikkannya, hahhah. Saat itu, ketika membaca buku ini, saya sedang kena kritik. 

Biasanya kalau dikritik, saya bawaannya langsung panas dan pengen membela diri, atau balas menyerang orang yang mengkritik tadi. Puas kan yah kalo berhasil begitu? 

Tetapi kata buku ini, hal itu salah. Terus yang benar bagaimana? Yah silakan baca sendiri bukunya, hihihi. Untuk edisi yang saya baca ini, pembahasan mengenai hal ini ada di Bab Sembilan halaman 266. 

At last, ada banyak sekali tips dan trik yang diberikan buku ini tentang hubungan antara sesama manusia. IMO, butuh keberanian untuk melakukannya.Saya rasa saya masih belum sanggup mengerjakan semuanya. Terutama tentang bagaimana sikap kita ketika menghadapi kritik seperti di atas tadi dan bagaimana caranya menghindari perdebatan. Tapi dicoba pelan-pelan deh. Semoga bisa. 5 dari 5 bintang untuk buku ini. It was amazing.

NB: Saya jadi kepingin membaca edisi terbaru buku ini, yang judulnya How to Win Friends and Influence People in The Digital Age. Semoga nanti bisa berjodoh dengan bukunya. Amin ^_^